Thursday, April 16, 2015

7 Peralatan Outdoor yang Harus Anda Bawa saat Berkemah

Jalan-jalan gak asyik kalau gak langsung merasakan suasana alam secara langsung. Merasakan suasana sepanjang waktu baik di siang hari maupun di malam hari sepertinya punya selera tersendiri. Dengan kata lain untuk beberapa waktu kita harus tinggal di alam.

Kalau sudah begini mau tak mau kita harus pasang tenda, buat makanan sendiri, buat api, buat jemuran dan keperluan lainnya. Persiapan harus lengkap donk agar liburan terasa menyenangkan. Kalau saya sendiri tidak lupa untuk membawa barang-barang berikut.

1. Tenda Dome
Sudah jelas pasti untuk melindungi dari hujan saat malam dan panas saat siang kita harus bawa tenda dome. Sesuaikan dengan ukuran kalau memang cuma Anda saja yang pergi maka bawa yang untuk satu orang. Kira-kira gak asik kemping sendiri bawa yang kapasitas 3,5 atau 6 orang. Tak harus membeli, sewa aja di rental tenda dome terdekat di kota Anda.

2. Kompor
Kalau belum mahir membuat api dengan cepat bawalah kompor gas portable mini untuk keperluan pangan di lapangan. Seandainya lama kempingnya bawalah 2 botol gas atau lebih.

3. Sumber Api
Banyak macam sumber api, yang familiar kita pakai adalah mancis dan korek. Benda ini wajib kita bawa. Membuat api memang bisa dengan menggesekkan kayu, tapi cara ini terlalu lama apalagi kalau masih pemula. Makanya jangan lupa menyimpan mancis atau korek di kantong Anda.

4. Senter
Pencahayaan sangat penting ketika di malam hari. Segala sesuatunya dapat terjadi, ketika api unggu tak dapat menyala senter satu-satunya alat pencahayaan. Beguna juga saat telat memasang tenda, senter membantu sekali dalam mendirikan tenda di malam hari.

5. Pisau
Lengkapi diri dengan pisau kecil maupun besar. Malam yang dingin tak mungkin terus mengandalkan kompor untuk menghangatkan diri. Kita pasti memerlukan api unggun. Untuk mencari kayu diperlukan pisau. Kalau kayu terlalu panjang dapat dipotong. Jika masih basah dapat dikikis dan diambil tengahnya untuk dibakar. Jika terlalu lebar diameternya dapat dibelah. Pisau juga berguna saat memasak. Kita membutuhkan pisau untuk membuka ikan kaleng, susu kaleng, memotong sayur, mengolah ayam buruan dan lain sebagainya.

6. Garam
Benda lain yang berguna saat dibawa berkemah adalah garam. Sebagai perlindungan diri dari hewan seperti ular. Ular anti dengan garam. Taburkan garam di sekeliling tenda! Jangan ada yang putus.

7. Power Bank Panel Surya
Alat komunikasi yang dipakai selama berkemah mungkin kehabisan daya. Apa mungkin kalau lagi di atas gunung turun ke bawah mencari rumah warga hanya untuk charging doank?? Inilah gunanya power bank panel surya. Paparkan saja power bank ini di bawah sinar matahari, saat sudah penuh colokkan USB ke android atau hp untuk charging ulang. Yakinlah banyak sekali kegunaan barang ini.

Begitulah menurut saya peralatan yang harus kita bawa saat berkemah. Mungkin situ mau menambahkannya lagi. Ditunggu komentarnya ya!

No comments:

Post a Comment