Friday, April 17, 2015

9 Produk Google untuk Kegiatan Dunia Maya

Google merupakan sebuah perusahaan raksasa yang berkecimpung dalam dunia internet. Selain sebagai mesin pencari, Google merupakan penyumbang terbesar fasilitas di internet yang dapat kita pakai secara gratis. Luar biasa!

Berikut ini merupakan beberapan produk milik Google yang sering kita pakai.

1. Blogger
Blogger.com merupakan situs yang menyediakan layanan blog gratis. Meskipun blog yang dimiliki bersubdomain .blogspot.com, situs ini tetap banyak yang meminatinya. Di blogger banyak yang dapat kita lakukan, seperti berbagi cerita, ilmu pengetahuan dan cari dolar. Banyak pengguna adsense dari Indonesia yang memakai blogspot sebagai blog mereka untuk mencari dolar tersebuti.

2. Gmail
Salah satu kebutuhan pengguna internet yang paling dasar adalah akun e-mail. Kita dapat memiliki email gratis dari Gmail.

3. Google Translate
Pelajar sangat membutuhkan tool ini, apalagi untuk belajar bahasa Inggris dan bahasa lainnya. Seorang admin blog juga sangat membutuhkannya karena ketika ingin menambahkan referensi ke artikel merujuk ke situs-situs berbahasa asing.

4. Youtube
Orang-orang dari seluruh dunia mengupload video mereka, orang-orang dari negara lain jadi tahu. Sebuah jaringan informasi yang memudahkan satu dengan yang lain berbagi berita dan pengetahuan. Selain itu, youtube sekarang banyak dijadikan sebagai media periklanan dan ladang lodar yang menggiurkan.

5. Google Maps
Pernah bingung pergi ke suatu tempat lalu membuka google maps untuk mencari tahu jalannya? Ya layanan yang satu ini memberikan kita peta gratis. Ketikkan saja di kotak pencariannya lokasi yang ingin Anda cek, pasti akan ditunjukkan dimana posisinya. Selain itu, google maps juga memberikan info tentang lokasi-lokasi bisnis seperti bank, rumah makan, sekolah, kampus, kantor pemerintahan, restorant, hotel dan lain-lain.

6. Google Analytics
Fasilitas ini sangat berguna buat para webmaster. Google analytics akan memberikan informasi tentang statistik situs Anda, seperti: jumlah pengunjung, jenis-jenis browser pengunjung, dari mana mereka berasal, berapa lama mengunjungi situs, pengunjung datang dari mana dan masih banyak lagi. Pantau statistik situs secara lengkap dengan tool ini.

7. Google Plus
Seperti halnya facebook dan twitter, google plus merupakan jejaring sosial media yang sangat terkenal. Namun dalam pandangan saya, pengguna google plus lebih banyak pebisnis, blogger dan affiliater. Akan sangat jarang ditemukan abg yang aktif di jejaring sosial ini.

8. Google Books
Pembaca yang ingin jalan-jalan dengan jendela dunia tidak harus pergi ke toko buku. Google books memberikan kita cuplikan gratis beberapa halaman sebuah buku. Sehingga kita dapat membacanya dari dunia maya. Fasilitas ini juga berguna saat ingin membeli buku agar tidak menyesal karena konten buku tidak sebagus yang diharapkan.

9. Adsense
Ini dia yang paling ditunggu-tunggu para pendulang dolar. Adsense bekerja sama dengan situs penayang untuk menampilkan iklan di situs penayang. Jika iklan diklik oleh pengunjung situs, maka Adsense akan memberikan komisi kepada penayang. Inilah sumber penghasilan dari internet yang sering dibilang orang. Banyak orang yang sudah kaya raya dari Adsense ini. Kalau Anda bertanya dari mana iklan-iklan tersebut? Jawabannya adalah dari pelaku bisnis yang mempromosikan atau mengiklankan produk mereka melalui Adword. Adword masih produk google juga, hanya saja berbayar tidak gratis seperti Adsense. Tentu saja berbayar, jasa periklanan yang diberikan google bukan jasa abal-abal. Kualitas sangat sejalan dengan jumlah uang yang harus dibayar.

Begitu saja sepertinya artikel ini dari saya, mungkin ada yang mau menambahkan silahkan melalui kotak komentar.

No comments:

Post a Comment