Saturday, April 25, 2015

Ayo Bermain Catur!

Wah wah.. Saya penggemar catur lohh. Kegemaran bermain catur sudah ada sejak saya duduk di bangku SMP. Pada waktu itu saya masih pemula dan gampang sekali ditaklukkan. Untunglah ayah saya berbaik hati mengajari saya bermain catur sehingga permainan saya perlahan berangsur berubah dan jadi lebih baik.

Saat SMA saya sering menantang teman laki-laki saya baik yang satu kelas maupun dari kelas tetangga untuk bermain catur. Hasilnya imbang keras bro! Kadang saya menang kadang juga kalah. Sisi baiknya adalah daya jelajah menjadi semakin tinggi, pengalaman bertambah, dan pemahaman akan cara berpikir tiap orang berbeda-beda. Hingga suatu saat ditantang oleh seorang guru dan berakhir dengan kekalahan. Heheyy..

Menginjak bangku kuliah tak membuat saya lepas dari hoby ini. Saya masih sering bermain catur meskipun lawannya itu itu saja, yaitu laptop. Cuma laptop agak sedikit berbeda dengan manusia. Komputer punya standarisasi yang stabil tidak seperti manusia yang bisa berubah-ubah. Melawan level 9 tak semudah mengalahkan level 3 bro!

Selang beberapa tahun baru saya menemukan lawan tangguh. Kebetulan ada senior yang hoby main catur dan sudah dikenal ahli dalam permainan ini. Wah permainan yang menakjubkan! Saya kalah :(. Tak masalah saya berlatih kembali dengan laptop dan kali ini saya menang :). Jumpa lagi dengan senior lain saya hajar terus sampai saya bosan terus-terusan saya menang. Gak ada lawan! Begitulah kira-kira hehe.



Banyak hal yang menarik dari catur. Saya sendiri menganggap benda ini penuh dengan filosofi. Kemampuan bertahan dan menyerang, menghitung langkah, antisipasi yang efektif, langkah tak terduga, prediksi 20 langkah ke depan dan membuat lawan mengambil langkah serba salah merupakan gambaran kehidupan bagi saya. Segala sesuatu yang berbau strategi sangat menarik di mata saya.

Di usia seperti sekarang pun masih menyempatkan diri bermain. Selain mengasah otak melatih efetifitas kerja juga. Tapi jangan sampai berlebihan. Game tetaplah game, mereka takkan menghasilkan uang untuk Anda. Jaga produktifitas kerja Anda.

No comments:

Post a Comment