Sunday, May 3, 2015

Apa Saja Manfaat Ngeblog?

Seperti blog saya ini, saya sendiri berpikir mengapa saya harus ngeblog? Bukannya malah membuang-buang waktu? Sekedar iseng atau sudah tidak tahu mau ngapain lagi?

Perihal pertama jikalau kita ngeblog adalah menulis. Blog harus diisi dengan tulisan. Menulis bukan sesuatu yang sangat gampang namun bukan juga hal yang sulit. Memaparkan apa yang ada dipikiran menjadi kata-kata, mengawalinya dengan huruf besar, berjeda koma, berakhir dengan tanda titik. Menuntun kalimat menjadi paragraf dan paragraf menjadi sebuah artikel yang utuh. Wah saya seperti guru bahasa Indonesia saja ya. Gini-gini saya masih ingat donk pelajaran-pelajaran dasar bahasa Indonesia.

Oke, tulis dikertas bahwasanya manfaat pertama ngeblog adalah melatih menulis artikel.

Tak ubahnya seorang jurnalis, berbagai seri tulisan merupakan laporan yang sifatnya publik. Laporan tentang pengalaman sehari-hari dan juga pemikiran yang bertekanan tinggi jika tak dikeluarkan bisa meledak. Laporan ini dikumpulkan dan diarsip, dapat diakses kapan saja asal terhubung ke internet. Ini gaya baru dunia mencatat.

Jalan perekam suara dan rekam manfaat kedua ngeblog adalah sebagai catatan harian.

Hoby itu sesuatu menyenangkan. Melakukan hoby lebih menyenangkan lagi. Siapa yang tahu karya Anda? Mengapa tidak dipublikasikan saja? Gak perlu majalah atau koran untuk memberitahu orang-orang kalau Anda sangat mahir membuat puisi. Tuangkan saja segala karya ke dalam blog Anda. Suka berjilbab? Buat sebuah blog yang memposting foto-foto Anda pakai jilbab. Suka main gitar rekam video upload di Youtube dan ceritakan di blog. Suka masak foto step by step-nya lalu upload. Suka jalan-jalan jangan sampek moment bepergian lewat begitu saja tanpa ulasan Anda di blog. Banyak lagi yang bisa dilakukan. Banyak orang yang sukses dari hoby mereka, bahkan menjadi bisnis dan penghasil uang.

Fotolah Anda sedang melakukan hoby, upload fotonya dan ceritakan di situs Anda.

Berteman berteman dan berteman. Punya kenalan dari provinsi lain? Ngeblog takkan lepas dari blogwalking, menyisipkan komentar, bertanya hingga penasaran siapa pemilik blog. Kemudian melakukan kerja sama dan ujung-ujungnya berteman, malah dekat. Wah saya punya partner dari pulau lain di Indonesia nih. Silaturahmi yang menghangatkan sekaligus menguntungkan ini layak dicoba. Kalau travelling ke luar pulau, kan bisa singgah sebentar untuk berjumpa langsung.

Cobalah berceramah di depan teman dan berikan pandangan bahwa internet bukan tempat buruk yang selama ini dipikirkan, tapi bisa juga untuk bersilaturahmi.

Kecerdasan terkadang lebih menarik dari paras. Ketika kita pintar dalam segala sesuatu, kita seperti magnet. Kalau kita tahu banyak tentang internet, punya wawasan yang cukup, pasti ada rasa takjub yang datang dari orang yang melihat kita. Ngeblog meningkatkan wawasan internet, keamanan, itu ini ini itu jadi kalau browsing gak bingung mau kemana untuk mencari sesuatu. Banyak fasilitas yang kita tahu akan memudahkan kelangsungan hidup. hehe

Ya.. Yang terakhir sepertinya jelas sudah untuk menambah wawasan.

Mungkin Anda ingin menambahkan manfaat lainnya. Saya yang belum tahu banyak ini hanya menjelaskan kulitnya saja. See you next time!

No comments:

Post a Comment