Friday, June 19, 2015

Beda Tampilan Situs di Chrome dan Firefox

Ini adalah pengalaman saya yang masih pemula dalam dunia internet ini. Kebetulan saya baru saja edit template di blogger dan mengujinya pada browser firefox. Ternyata aman. Kemudian iseng buka email dari browser lainnya, yaitu Chrome. Ketika buka email tiba-tiba masih kangen sama hasil editan saya tadi. Saya buka lagi blog yang sudah diedit tadi di Chrome, waduh saya terkejut kenapa bisa begini.

Ada lagi yang lain.

Saya buat border untuk template blog blogspot saya. Sangat cocok dengan hati saya kalau dibuka di firefox. Karena pernah mengalami kejadian yang aneh sebelumnya ketika pakai chrome, saya coba tes. Ternyata tidak work. Mengapa bisa begitu ya?

Ya setelah saya pelajari memang demikian ternyata. Ada yang work di kedua-dua nya ada juga yang tidak. Contoh lain seperti font, saya dapat dari internet. Saya tes di kedua browser memiliki hasil yang berbeda. Terakhir saya buang dan cari yang memiliki tampilan sama.

Dari kejadian ini saya pun menyimpulkan, tentu saja hasil berbeda karena merek juga berbeda. Bahasa yang dimengerti firefox dan chrome berbeda-beda jadi untuk menyisipkan kodenya ya harus ditulis dua-duanya.

Kemungkinan lain karena belum update versi terbaru kali ya makanya tidak bekerja.

Yang namanya browser, software yang menerjemahkan bahasa html, CSS, xml, javascript, PHP, mySQL dan lain-lain ke dalam tampilan teks, gambar, form dan template. Mereka semua membentuk website, forum, sosial media, blog, dan lainnya.

Saya pun mempelajari dari pengalaman ini bahwa sesudah membuat template blog jangan pernah lupa untuk mengujinya terlebih dahulu pada browser yang berbeda-beda. Setelah masalah terpecahkan barulah siap untuk dipasang.

Demikian sharing pengalaman ini. Kalau Anda punya pengalaman yang sama, silahkan ungkapkan kejadiannya di kolom komentar di bawah.

No comments:

Post a Comment