Wednesday, June 3, 2015

Tips Memilih Nama Domain untuk Situs

Mungkin Anda sedang memulai membuat blog dan kini bingung mencari nama domain yang cocok. Itu hal yang wajar. Kita sering kali jadi bingung nama apa yang mau diketik ketika hendak membeli domain. Giliran mau dibeli bingung pilih yang mana.

Ada juga yang sudah mempersiapkan nama domain tersebut matang-matang tapi yang namanya masih pemula masih kurang pengalaman. Jadi nama yang dipilih kurang tepat.

Nah ini ada tips dari saya kalau ingin menentukan sebuah nama domain.

1. Nama Pemilik
Contoh seperti blog ini, saya menggunakan nama saya Dirawati. Manfaat menggunakan nama seseorang adalah keleluasaan dalam membuat artikel. Kita jadi tidak terpatok untuk menulis tentang suatu niche saja tapi bisa beragam niche dalam satu blog. Terasa bebas dan mudah berekspresi. Selain itu, kemudahan untuk diingat sangat tinggi. Tidak susah toh mengingat nama orang yang baru dikenal? Sama seperti domain, kalau domain nama orang pasti juga mudah untuk diingat.

Contoh: BukDirawati.blogspot.com

2. Nama Produk
Punya usaha pisang bakar terlezat di kota Anda? Ingin mengembangkan usaha dengan membangun websitenya? Pilihlah nama produk Anda sebagai nama domain. Misalnya nama produk Anda "Pisang Goreng Dira", bisa juga domain pisanggorengdira.com atau dirapisgor.com (dirapisanggoreng.com). Tujuan branding juga penting disini. Ketika produk Anda sudah banyak yang kenal, maka pasar sudah berada dalam genggaman.

Contoh: PeninggiBadanTiens.com

3. Laku keras dipencarian
Banyak pebisnis internet memakai cara ini agar situs mereka tampil pada halaman pertama google. Kalau menurut saya sah-sah saja asalkan menyesuaikan kebutuhan saja. Kalau memang untuk memenangkan halaman pertama google, berarti Anda mencari pengunjung dari mesin pencari. Berbeda kalau poin kedua di atas, ketenaran diperoleh dari branding. Poin ketiga ini ketenarannya diperoleh dari mesin pencari.

Contoh: CaraMeninggikanBadan.com


Apa yang menjadi patokan saya dalam membuat ketiga tips di atas? Ya tergantung kebutuhan Anda.

1. Mudah diingat
Mengingat nama blog sekaligus mengingat nama pemiliknya, ini sama seperti sambil menyelam minum air. Kalau Anda mau terkenal bersama blog Anda, buatlah nama domain blog seperti nama Anda.

2. Niche
Situs yang memberikan informasi tentang rambut maka semua artikelnya tentang rambut. Bagaimana jika suatu saat nanti kehabisan ide untuk membuat artikel tentang rambut? Bisa brabe tuh. Ada sebuah blog berdomain misal: rambuthalus.com tapi berisi cara membuat mainan pesawat kertas, itu kan sudah gawat. Pikirkan ke depan juga. Ya kalau memang fokus pada satu niche tidak masalah, tapi lihat juga kekurangan diri. Kalau tetap pendirian dalam menulis topik artikel tidak berbahaya, yang perlu diwaspadai ini kan godaan untuk menulis artikel tentang topik lain.

3. Branding
Kenal produk converse, cocacola, clein kelvin, cocco chanel dan lainnya? Semua itu karena branding. Dia menggunakan nama untuk branding. Anda bisa juga demikian. Tapi jika tidak ingin tidak masalah. Lihat cocacola dan converse, contoh branding yang patut ditiru.

4. SEO
Tekadang dalam membangun sebuah situs tujuan kita adalah untuk mendapatkan posisi pertama google. Domain yang diterapkan disini berdasarkan target kata kunci yang bakal diketik oleh pengunjung.

5. Panjang atau pendek
Terlalu panjang juga sangat mengganggu untuk sebuah domain. Ketika singkat padat dan jelas mudah diingat, domain yang panjang cenderung aneh dan susah diingat.


Berikut ini kita mencoba mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan sebuah nama domain

#Contoh 1: BukDirawati.com
Kelebihan: mudah diingat, niche yang fleksibel, nama branding yang unik
Kekurangan: kurang SEO

#Contoh 2: KopiOrangMedan.com
Kelebihan: sangat branding, niche mudah diingat
Kekurangan: niche terfokus, bukan untuk mesin pencari

#Contoh3: CaraMembuatWebsite.com
Kelebihan: sangat bagus di pencarian, mudah diingat
Kekurangan: terfokus, nama brand tidak unik meskipun mudah diingat

Demikianlah artikel ini. Sekarang, cobalah menggunakan kertas selembar dan buat nama domain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

No comments:

Post a Comment